Pupuk Nasa Untuk Lada Jeneponto 081212185704

Pupuk Penyubur Tanaman Lada - Merica merupakan salah 1 jenis dari rempah – rempah yang mana memiliki bentuk biji dan dipanen dari tanaman yang juga bernama Merica. Kegunaan dari lada atau merica ini sendiri adalah sebagai rempah – rempah untuk membantu menghangatkan tubuh dan memang sangat diperlukan oleh masyarakat yang ada di seluruh dunia sejak zaman dulu, oleh karena itu menjadikan sebuah alasan mengapa bangsa Eropa di masa lalu datang ke Indonesia dan sampai terjadi suatu kolonialisme yang mana diawali dengan datangnya bangsa Portugis di Maluku pertama kali.

pupuk cair untuk lada

Sebenarnya tidak terlalu sulit menanam lada, bahkan tanaman Merica ini bisa tumbuh di seluruh wilayah tropis yang ada di Indonesia. Untuk cara memperbanyak buah Lada sendiri dilakukan para petani sebagai suatu komoditi ekspor Indonesia. Lada dari Indonesia memang sudah dikenal sampai ke seluruh dunia sebagai suatu komoditi dengan kualitas yang terbaik. Jadi jika Anda ingin mencoba untuk membudidayakan Merica, maka untuk potensi pasarnya tentu saja sangat bagus, baik itu dari pasar lokal sampai dengan mancanegara. Tak perlu berlama – lama lagi, berikut ini adalah cara menanam Sahang yang benar:

Syarat Tumbuh Tanaman Lada


Untuk hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Anda harus mengetahui syarat tumbuh dari Merica selain tahu bagaimana cara merawat Sahang dengan baik, Anda juga perlu memperhatikan beberapa persyaratannya dan juga memilih pupuk tanaman Merica, dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:
1. Yang pertama adalah untuk cara penanaman Merica yang baik tentu saja harus ada di lahan dengan curah hujan di antara 2.500 sampai dengan 3.000 mm pertahun.
2. Kemudian yang kedua adalah harus mendapatkan sinar matahari kurang lebih selama 10 jam per harinya dan suhu udaranya adalah 20 sampai dengan 34 derajat celcius.
3. Lalu yang ketiga adalah tanah tentu saja harus subur yang mana mempunyai pH 5 sampai 7 dan ada pada ketinggian 300 sampai 1.500 meter di atas permukaan laut, karena merupakan sebuah lokasi yang sangat tepat untuk menanam Sahang.
4. Selain itu Anda juga membutuhkan pupuk Lada agar nantinya bisa tumbuh dengan baik, dengan demikian pemilihan pupuk untuk lada juga perlu Anda perhatikan agar hasilnya baik.

Pembibitan Sahang


Kemudian Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk pembibitan Merica dan pupuk yg bagus untuk tanaman Merica yang tepat, adapun ciri dari bibit Sahang yang unggul adalah bebas dari hama dan penyakit, kemudian berasal dari tanaman induk Lada yang sehat, kemurnian dari bibit Sahang terjamin dan juga untuk luas tanah satu hektar, membutuhkan sekitar 2.000 bibit Merica.

Cara Mengolah Lahan Merica


Setelah Anda tahu tentang cara merawat Sahang dengan baik dan pembibitan Sahang dilakukan dengan baik, maka Anda siap untuk mengolah lahan untuk menanam lada tersebut, berikut ini adalah caranya:
1. Cangkul lahan tersebut sedalam 30 cm sampai nantinya menjadi gembur.
2. Kemudian untuk tanah yang memiliki pH kurang dari 5, maka Anda perlu menambahkan kapur dolomite sebanyak 500 kwintal dan diamkan selama 4 minggu sebelum dimulai penanaman.
3. Selain itu Anda perlu menambahkan pupuk untuk tanaman lada seperti pupuk kandang yang sudah difermentasi ataupun pupuk cair untuk tanaman Merica agar nantinya tanah menjadi lebih subur dan diamkan sampai 2 minggu agar nantinya nutrisi bisa tercampur sempurna. Dengan pupuk Lada terbaik tentu saja nantinya Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Menanam Sahang


Dan untuk cara menanam lada yang tepat adalah menggunakan sistem monokultur atau tumpangsari dengan jarak tanam 2x2 meter, kemudian buat lubang tanam dengan bentuk limas dan kedalamannya 50 cm, ukuran atas 40x35 cm dan ukuran bawah 40x15 cm. Setelah itu diamkan lubang tersebut selama 2 minggu karena waktu yang terbaik untuk menanam Lada adalah awal musim penghujan. Setelah itu Anda bisa memberikan pupuk buah Sahang ataupun bisa juga pupuk nasa untuk Sahang, selain itu pupuk Merica juga bisa Anda berikan asal takarannya tepat. Namun dalam pemupukan, Anda juga perlu memperhatikan cara pemupukan lada yang benar.

Cara Pemupukan Tanaman Lada Dengan Baik Dan Benar


Taburkan pupuk kandang yang sudah dicampurkan dengan GLIO ( 1 kotak GLIO dengan 25 kg pupuk kandang dan diamkan selama minimal 1 minggu )
Tutup lubang tanah bagian atas yang sudah diberikan pupuk dasar ( NPK 20 gr per pohon) jika tanah kurang suburbisa gunakan Urea 10 gr, SP 36 7 gr dan KCL 4 gr dan segera siramkan dengan SUPERNASA dengan cara 1 botol SUPERNASA di masukkan dengan air 200 liter lalu setiap pohon disiramkan 1 liter air, lakukan penyiraman berikutnya setiap 3 bulan sekali
Pemupukan susulan dengan cara penyemprotan pada daun dengan 5 tutup POC NASA dan 1 tutup HORMONIK kedalam 1 tangki ukuran 14 liter setiap 3 - 4 minggu sekali.

Cara pemupukan dengan pupuk makro :
Umur 3 - 4 bulan : Urea 35 gr, Sp36 15 gr dan KCL 20 gr
Umur 4 - 5 bulan : Urea 35 gr, Sp36 20 gr dan KCL 25 gr
Umur 5 - 6 bulan : Urea 35 gr, SP36 25 gr dan KCL 30 gr
Umur 6 - 17 bulan : Urea 35 gr, SP36 30 gr dan KCL 35 gr
Lakukan penyiraman dengan POWER NUTRITION ( pupuk khusus buah ) setiap 3 bulan sekali dengan dosis 1 botol 250 gr dengan 200 air dan siramkan per pohon 1 liter

Cara Mengatasi Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Dengan Produk NASA


1 . Hama
Hama Penggerek batang : berwarna hitam, panjang 3-5 mm, serangga dewasa lebih suka menyerang pucuk daun muda , bunga dan cabang muda, lakukan pemotongan dan semprotkan PESTONA yang bisa dilakukan saat penyemprotan Poc Nasa dan Hormonik
Hama Bunga : serangga dewasa menyerang bunga sehingga mengakibatkan gagal pembungaan dan lakukan penyemprotan PESTONA yang bisa dilakukan saat penyemprotan Poc Nasa dan Hormonik
Hama Buah : serangga ini menyerang buah yang mengakibatkan buah isinya kosong lakukan penyemprotan dengan PESTONA dan bisa di barengkan dengan penyemprotan Poc Nasa dan Hormonik
2 . Penyakit
Penyakit busuk pangkal batang : ditandai dengan daun menjadi layu dan berwarna kuning yang disebabkan oleh jamur . pencegahnnaya dilakukan sebelum tanam dan sesudah tanam dengan penggunaan Natural GLIO
Penyakit kuning : penyebabnya adalah kurangnya nutrisi pada tanaman dan serangan cacing nematoda . pencegahannya dengan penyiraman Natural Glio sebelum dan sesudah penanaman serta pemberian pupuk NASA dan pupuk makro secara komplit sehingga mengembalikan tanaman subur kembali

 

Demikian artikel singkat tentang budidaya tanaman lada semoga bermanfaat bagi anda

Subscribe to receive free email updates:

Posting Komentar