Toko Pupuk Cengkeh Khusus Cengkeh Terbaik Wlingi

Pupuk Cengkeh Baru Tanam


Cara menanam cengkeh agar cepat berbuah tentu saja sangat penting untuk diketahui supaya nantinya tanaman cengkeh tersebut bisa berbuah maksimal dan mampu segera dipanen mengingat peluangnya cukup besar baik di Indonesia ataupun mancanegara. Namun selain cara untuk menanam, Anda juga perlu mengerti bagaimana cara merawat cengkeh agar cepat berbuah dan juga mengenai pemilihan pupuk cengkeh paling bagus, hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

pupuk paling bagus untuk cengkeh
Cara Penanaman Cengkeh Yang Benar


Bicara tentang cara penanaman cengkeh yang benar, pada dasarnya cukup sederhana, dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:
1. Yang pertama adalah penyemaian bibitnya, Anda perlu memilih bibit cengkeh dengan kualitas yang bagus dan berwarna kuning muda sampai dengan ungu kehitaman, selain itu kulit buah juga perlu dikupas perlahan lahan agar nantinya tidak terluka. Setelah itu rendam sampai 24 jam, setelah itu Anda bisa mencucinya sembari digosok dan juga diaduk di dalam air. Hal tersebut Anda lakukan 2 sampai 3 kali sampai lendir sudah benar – benar hilang. Setelah bibit siap, Anda bisa mengisikannya ke polybag dengan kondisi tanah yang gembur dan dicampurkan dengan pupuk untuk cengkeh baru tanam, biasanya adalah pupuk kandang, setelah itu siram dan semai dengan posisi benih agak meruncing ke atas dan tutup dengan menggunakan tanah. Untuk benih yang baik nantinya akan tumbuh kurang dari 3 minggu. Selain itu juga dibutuhkan penyiraman yang tepat dan jati – hati.
2. Kemudian untuk yang kedua adalah penanaman bibit yang mana sebelumnya Anda harus membersihkan lahan dari rumput maupun gulma, setelah itu dibajak dan gigaruk sampai nantinya tanah tersebut mejadi gembur serta diberikan pupuk, memang tidak ada pupuk khusus cengkeh karena Anda bisa menggunakan pupuk kandang yang terbilang cukup efektif. Pupuk kandang ini juga mejadi sebuah pupuk cengkeh alami yang sangat baik untuk jenis tanaman apapun. Setelah tanah dipupuk, maka buat lubang tanam dengan jarak 8x8 meter, untuk penanamannya sendiri dilakukan secara perlahan dan tutup dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk.
3. Selain itu Anda juga perlu melakukan perawatan, karena untuk perawatan tanaman cengkeh ini dibutuhkan waktu 1 sampai dengan 4 tahun. Pastikan jika tanaman cengkeh tersebut bebas dari gulma dan hama. Selain itu Anda juga perlu mencangkulnya secara rutin serta pemberian pupuk penyubur tanaman cengkeh secara rutin dan berkala. Dalam pemupukan, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara pemupukan yang baik dan benar agar nantinya tidak terjadi kesalahan yang dapat mengakibatkan kematian pada tanaman cengkeh tersebut.

pupuk cair untuk lada

Cara Pemupukan Cengkeh Baru Tanam


Untuk pohon cengkeh baru tanam atau umur 1 tahun cara pemupukannya adalaha sebagai berikutnya :
1. Lakukan Penyiraman Supernasa 1 sdm atau Supernasa Granule 100 gr setiap 3 bulan sekali ini mampu menyimpan kandungan air di Tanah
2. Rutin Melakukan penyemprotan 5 tutup Poc Nasa dan 1 tutup Hormonik serta 1/2 tutup Aero dengan air 15 liter setiap 3 bulan sekali.
3. Pemberian Pupuk NPK 300 gr setiap 3-4 bulan sekali, pemberian bisa dicampurkan dengan Supernasa atau Granule

Cara Perawatan Cengkeh Di Musim Kemarau.


Bicara tentang perawatan cengkeh, untuk itu Anda juga perlu memperhatikan cara memelihara cengkeh di musim kemarau supaya nantinya pada musim kemarau tanaman cengkeh tersebut tetap sehat, dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:
1. pada Saat musim penghujan memang petani tidak harus sering – sering melakukan penyiraman, namun saat musim kemarau, tanaman cengkeh ini sangat perlu ditambah frekuensi penyiramannya, selain itu Anda juga perlu menambah pupuk di bibit cengkeh. Anda bisa menggunakan pupuk kandang atau pupuk hijau.
2. Kemudian untuk cara pemupukannya dapat cukup menyiramkannya pada masing – masing bibit cengkeh.
3. Selain itu tentu saja Anda perlu secara rutin mengontrol tanaman cengkeh Anda, pastikan tidak terdapat hama dan gulma. Oleh karena itu Anda bisa menyemprotkan pestisida agar nantinya tanaman cengkeh Anda bisa terjaga dan terhindar dari hama.
4.Lakukan Penyiraman Supernasa 1 sdm atau Supernasa Granule 100 gr setiap 3 bulan sekali ini mampu menyimpan kandungan air di Tanah dan juga menyuburkan tanah
5. Rutin Melakukan penyemprotan 5 tutup Poc Nasa dan 1 tutup Hormonik serta 1/2 tutup Aero dengan air 15 liter setiap 3 bulan sekali.

 

Subscribe to receive free email updates:

Posting Komentar